Senin, 26 Juli 2021

4 Jenis Seafood yang Aman dan Bermanfaat untuk Kesehatan Anak

Lobster


            Seafood memiliki banyak manfaat kesehatan tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga untuk anak. Memberikan nutrisi pada anak merupakan sebuah tanggung jawab orang tua agar memastikan sang anak selalu sehat dan terpenuhi gizinya. Untuk para orang tua yang sering menjadikan makanan olahan laut sebagai hidangan keluarga, perlu diketahui ada ragam makanan seafood yang bisa bermanfaat untuk kesehatan anak. Tidak hanya lezat, seafood mengandung zat gizi berupa protein dan mineral. Selalu pastikan bahwa seafood yang Anda beli masih segar sebelum memutuskan untuk menghidangkannya dan memberikannya kepada anak Anda. Aruna menyediakan produk seafood yang segar dan berkualitas sehingga aman untuk dikonsumsi anak. Apa sajakah jenis seafood yang aman dan bermanfaat untuk kesehatan anak? Yuk, simak ulasan berikut!

 

  1. Lobster

Lobster memiliki rasa daging yang nikmat dan gurih serta bisa diolah menjadi sup, bubur, maupun berbagai jenis pasta. Si udang raksasa ini mengandung omega-3 dan 6 yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Pastikan untuk selalu memilih lobster yang masih segar. Ciri-cirinya adalah mata yang cenderung berkilau dan masih aktif bergerak, terutama di bagian antenanya. Hindari lobster yang cangkangnya rusak, lemas, atau bermata kelabu.

 

  1. Cumi

Cumi bakar, cumi goreng tepung, cumi saus tiram, dan cumi saus padang biasanya menjadi olahan menu makanan favorit keluarga termasuk anak. Jika Anda memang sengaja memasak untuk sarapan anak dan hanya memiliki waktu singkat untuk memasak, Anda bisa memilih cumi berukuran kecil untuk diolah. Tips memilih cumi berkualitas adalah pilih cumi yang berumur muda, biasanya memiliki kulit putih dengan bercak coklat kemerahan serta tidak ada robekan. Cumi  mengandung banyak mineral dan gizi. Selain itu, terdapat kandungan protein, vitamin, dan omega-3 yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

  1. Kepiting

Kepiting merupakan salah satu jenis seafood yang mengandung kalsium, fosfor, vitamin B2, selenium, omega-3. dan tembaga. Manfaatnya adalah untuk kesehatan tulang anak, membuat anak lebih aktif, juga meningkatkan kekebalan tubuh anak. Kepiting juga mampu menyehatkan jantung dan berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Sekedar tips, sebaiknya tunggulah usia anak Anda minimal 3 tahun untuk bisa menjadikannya sebagai bahan utama resep makanan untuk anak.

 

  1. Scallop (kerang kampak)

Jenis seafood berikutnya adalah scallop atau yang biasa dikenal dengan kerang kampak. Kerang ini aman dikonsumsi untuk anak bahkan lezat untuk disantap sehingga anak pasti menikmatinya. Kerang kampak mengandung selenium, zinc, dan tembaga. Selain itu juga mengandung protein, omega-3, vitamin B12, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Untuk sang buah hati, kerang kampak memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi tiroid, menjaga fungsi otak, serta membantu pertumbuhan anak.

 

            Selain lezat ternyata banyak jenis seafood yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun, orang tua juga perlu memastikan bahwa sang anak tidak mengidap alergi seafood, ya. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

https://www.parenting.co.id/balita/8-seafood-yang-aman-untuk-anak?p=4

https://doktersehat.com/seafood-untuk-anak/

1 komentar: