Sabtu, 03 April 2021

Muncul Reaksi Alergi Setelah Lakukan Vaksinasi Covid? Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan

Vaksin Covid

Kasus terinveksi Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Upaya pemerintah untuk menanggulanginya adalah dengan memulai program vaksinasi bertahap. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa efek samping vaksin covid yang bisa timbul. Walaupun efeknya ringan sampai sedang,masyarakat cukup khawatir dengan efek sampingnya.


Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Muncul Alergi


1. Tanyakan pada Dokter

Salah satu efek samping yang bisa timbul adalah alergi. Anda perlu memerhatikan beberapa hal jika timbul alergi. Alergi yang ditimbulkan bisa berupa peningkatan detak jantung dan nafas lebih pendek. Ada juga gejala alergi lain berupa bentol-bentol di bagian tubuh. Perlu perhatian khusus jika alergi ini muncul.

Jika sebelumnya Anda pernah mengalami alergi setelah vaksinasi penyakit lain Anda perlu menanyakan pada dokter. Dengan begitu dokter akan menyarankan apakah Anda harus melakukan vaksinasi covid atau tidak. Begitu pula jika Anda memiliki alergi terhadap hal lain selain vaksin, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter.

Vaksin covid-19 adalah vaksin jenis baru dan tentunya berbeda dari vaksin penyakit lain. Jadi sebenarnya tidak bisa diketahui apakah Anda  akan mengalami efek samping vaksin covid berupa alergi atau tidak, walaupun Anda memiliki riwayat alergi lain. Alergi vaksin covid-19 diketahui jika sudah melakukan suntikan pertama. Namun tidak ada salahnya jika Anda bertanya dahulu kepada dokter.


2. Kenali Ciri-cirinya

Alergi yang ditimbulkan akibat vaksin covid bisa bermacam-macam bentuknya dan harus segera ditangani oleh ahlinya. Oleh sebab itu, Anda harus mengenali tanda-tanda alergi ini agar bisa segera melakukan tindakan. Alergi yang bisa dialami selain bentol-bentol, peningkatan detak jantung dan nafas pendek adalah pembengkakan pada anggota tubuh, penurunan tekanan darah, dan gatal-gatal.

Seperti vaksinasi penyakit lainnya, diperlukan pantauan beberapa menit pada pasian yang telah disuntik. Setelah disuntik vaksin covid, Anda diharuskan menunggu selama 30 menit. Hal ini harus dilakukan agar dokter bisa memantau kondisi Anda dan mengantisipasi jika efek samping vaksin covid berupa alergi ini muncul tiba-tiba.


3. Tidak dianjurkan Melakukan Vaksinasi Kedua

Setelah melakukan vaksinasi covid yang pertama dan ternyata muncul, dokter menganjurkan  Anda untuk tidak melakukan vaksin tahap kedua. Alergi akan bisa dilihat 30 menit setelah vaksinasi, namun beberapa kasus menunjukkan bahwa alergi bisa muncul lebih dari 30 menit setelah suntik. Bahkan ada juga yang mengalami alergi setelah beberapa hari kemudian.

Jika alergi muncul setelah beberapa hari, Anda harus segera menghubungi dokter Anda atau  mendatangi IGD terdekat. Sedangkan jika 30 menit setelah disuntik muncul alergi, biasanya dokter sudah mempersiapkan antisipasi untuk menanganinya di lokasi vaksinasi. Ada beberapa obat yang sudah disiapkan dan Anda tidak perlu khawatir. Kunjungi www.sehatq.com jika memerlukan informasi covid-19 lainnya.


Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika terjadi alergi vaksin covid. Perlu diketahui bahwa alergi biasanya jarang terjadi. Namun Anda juga harus memperhatikan beberapa poin di atas sebagai langkah antisipasi. Terlebih jika Anda adalah orang yang alergi terhadap obat tertentu. Alergi adalah efek samping vaksin covid yang harus segera ditangani agar tidak terjadi hal yang lebih buruk.

Jika Anda pernah mengalami riwayat alergi dan masih ada banyak hal terkait alergi yang belum diketahui, konsultasikan masalah Anda pada pakarnya. Tidak ada waktu untuk mendatangi dokter? Sekarang ini banyak fitur aplikasi atau website yang menyediakan layanan chat dengan dokter, jadi Anda tidak perlu repot lagi.

0 komentar:

Posting Komentar