Jumat, 19 Februari 2021

Tepat Memilih Mobil Bekas, Untuk Menghemat Pengeluaran Setelahnya

Mobil Bekas


Harga mobil bekas yang lebih terjangkau merupakan salah satu alasan utama orang memilih mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru. Apalagi, asalkan membeli di tempat terpercaya dan juga cermat, Anda tetap bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik.

Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas, berikut ada beberapa tips untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Jangan Tergiur Harga Miring

Pepatah mengatakan “ada rupa ada harga”, hal tersebut juga berlaku dalam jual beli mobil bekas. Anda patut berhati-hati jika mobil yang ditawarkan terlihat baik dan mulus tetapi dihargai sangat murah.

Dalam hal ini Anda harus jeli dan teliti, periksalah kondisi mobil secara keseluruhan. Karena bisa saja mobil yang ditawarkan tersebut pernah mengalami kecelakaan atau terkena banjir sehingga dijual dengan harga yang murah. Memang Anda bisa mendapatkan mobil tersebut dengan harga murah yang terasa menguntungkan, tetapi bisa jadi biaya perbaikannya yang akhirnya akan menguras kantong Anda.

  1. Cek Kelengkapan Surat

Kelengkapan surat sangat perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas, seperti BPKB, STNK, dan Faktur. Pastikan pula kesesuaian nomor rangka, nomor mesin mobil, dan deskripsi mobil berdasarkan surat-surat tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pajak mobil tidak mati. Mobil dengan kondisi tersebut akan membuat pengeluaran Anda bertambah banyak karena harus membayar denda keterlambatan pajak. Semakin lama pajak mobil mati maka semakin mahal pula denda yang harus Anda bayarkan.  Jika memang pajak sedang mati, maka carilah informasi berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mengurusnya dan jadikan dasar untuk negosiasi harga.

3.      Periksa Kondisi Mesin, Body, dan Interior

 Mobil bekas dengan kondisi mesin, body, interior, dan eksterior yang terlihat terlalu sempurna justru patut Anda curigai. Bisa jadi semua hal tersebut diperbaiki atau perbarui secara sementara hanya untuk meningkatkan harga jual mobil. Namun jangka panjangnya, justru menjadi tambahan pengeluaran untuk Anda karena perbaikan hanya bersifat sementara. Ada baiknya jika Anda memeriksa riwayat klaim asuransi mobil dan ajak teknisi yang memang paham tentang otomotif untuk melakukan analisa pada mobil.

Mendapatkan mobil bekas dengan harga yang sesuai dengan budget memang pasti membuat Anda puas dan bangga. Namun jangan sampai kesalahan dalam memilih membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak setelahnya. Entah untuk perbaikan maupun mengurus surat-surat. Jadi, pastikan untuk memerhatikan berbagai hal di atas agar hal tersebut tidak terjadi.

 

0 komentar:

Posting Komentar