Selasa, 10 November 2020

4 Jenis Investasi yang Umum dan Legal di Indonesia, Mana Yang Anda Pilih?

 

Investasi Emas

Tentu mencari yang paling menguntungkan dan memiliki resiko yang paling kecil. Investasi adalah salah satu cara untuk memaksimalkan dana tak terpakai yang Anda miliki. Terdapat beberapa jenis investasi dengan perbedaannya masing-masing.

Indonesia adalah negara berkembang dengan jumlah investasi yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Investasi menjadi salah satu syarat sebuah negara untuk meningkatkan perekonomiannya. Suatu negara yang mengalami banyak investor yang masuk, mak akan dinilai stabil dan aman secara sosial politik.

Anda yang telah menabung selama bertahun-tahun tentulah kini saatnya berinvestasi. Kebanyakan orang berinvestasi untuk mendapatkan financial freedom dalam keuangan jangka panjang. Dengan pemikiran, semakin awal berinvestasi maka hasil yang didapat dalam jangka panjang pun semakin baik pula.

Terdapat bermacam-macam jenis investasi di Indonesia sekarang ini dan Anda harus pintar-pintar memilihnya. Pilih salah satu jenis investasi yang sesuai dengan jumlah dana yang dimiliki serta rencana jangka panjang Anda. Karena dengan investasi, Anda dapat lebih memaksimalkan dana yang dimiliki dengan harapan imbal hasil di kemudian hari.

Iklim investasi Indonesia sekarang ini sedang baik, investor dalam maupun luar negeri banyak yang berbondong-bondong masuk. Karena berbagai bidang di Indonesia menjadi lahan untuk berinvestasi. Anda pun dapat melakukan hal yang sama dengan memilih investasi yang ada sekarang ini dan sesuai dengan jumlah dana yang dimiliki.

Agar Anda tak salah memilih, ada baiknya mengetahui jenis serta sifat-sifat yang dimiliki oleh masing-masing investasi. Dengan begitu Anda dapat memutuskan dengan pasti jenis investasi yang akan dipilih.

1.      Deposito

Merupakan salah satu jenis investasi online yang tergolong aman dan stabil karena dikelola oleh lembaga keuangan seperti bank. Memiliki bunga lebih tinggi dari pada tabungan dan cukup populer serta banyak dipilih hingga saat ini. Memiliki aturan tetap yang jelas seperti tanggal jatuh tempo juga penalti jika dicairkan sebelum waktunya.

Kelebihan lainnya adalah semakin lama dan semakin besar dana yang didepositokan, maka bunga yang didapat pun akan lebih banyak pula. Deposito dianggap pula sebagai investasi yang memiliki resiko rendah serta aman karena dikelola oleh bank. Proses mudah dan cepat menjadi alasan lain deposito banyak dipilih.

2.      Properti

Salah satu bentuk investasi Indonesia yang banyak dipilih lainnya adalah properti. Karena properti nilainya terus meningkat setiap tahunnya dan hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak yang berinvestasi. Namun, ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan pada awal memiliki properti juga untuk perawatannya.

3.      Logam Mulia atau Emas

Berinvestasi melalui logam mulia atau pun emas telah banyak dilakukan sejak dahulu kala. Termasuk investasi klasik yang populer hingga sekarang ini dan nilainya terus naik. Karena beberapa hal dan kejadian tertentu yang membuat nilai logam mulia atau emas mengalami kenaikan. Dan sebaliknya obligasi atau saham akan mengalami penurunan.

4.      Saham

Termasuk salah satu investasi jangka pendek populer yang banyak dipilih saat ini terutama oleh kaum millennial. Serupa dengan investasi di peer to peer terbaik, saham dianggap dapat memberikan hasil yang lebih tinggi dari pada jenis investasi lainnya, akan tetapi memiliki resiko yang lebih tinggi juga.

Kepemilikan sebuah perusahaan merupakan salah satu bentuk investasi dari saham.  Dengan kata lain, saat Anda memiliki saham sebuah perusahaan, maka berhak atas bagian keuntungan dari perusahaan tersebut. Disebut sebagai high risk high return karena harga saham bisa naik atau turun drastis dalam jangka waktu yang cukup cepat.

Itulah beberapa investasi Indonesia yang cukup populer dan banyak dipilih saat ini. Anda yang berencana untuk berinvestasi, dapat memilih salah satunya sesuai dengan dana juga jenis yang disukai.

0 komentar:

Posting Komentar