Selasa, 25 Agustus 2020

Apa Saja Sih Syarat yang Dibutuhkan untuk Membuat NPWP?

 

NPWP

Syarat membuat NPWP harus diketahui oleh seseorang yang ingin lebih mudah dalam melaporkan dan membayar paja. Membuat NPWP juga sangat bermanfaat untuk orang yang ingin mendirikan sebuah badan usaha.

Baik Anda yang ingin membuat NPWP untuk keperluan pribadi Anda atau ingin mendirikan sebuah badan usaha, Anda harus tahu beberapa syarat yang dibutuhkan. Kira-kira apa saja yang syarat untuk membuat NPWP itu sendiri?

Syarat Membuat NPWP untuk Pribadi

Bagi Anda warga negara Indonesia (WNI) yang ingin membuat NPWP untuk keperluan melaporkan pajak, maka syarat utama yang harus dimiliki adalah mempunyai KTP yang masih aktif.

Adapun bagi Anda warga negara asing yang ingin mempunyai NPWP dan belum melakukan naturalisasi sehingga tidak mempunyai KTP, maka syarat utamanya adalah paspor.

Namun jika Anda tidak memiliki paspor, maka Anda bisa menggunakan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

Syarat Membuat NPWP untuk Mendirikan Usaha Profit

Apabila Anda ingin mendirikan sebuah badan usaha tetap yang berorientasi dengan profit atau laba seperti usaha di bidang pertambangan, maka syarat untuk mendaftarkan NPWP adalah:

1.      Surat yang berisikan keterangan penunjukan pembuatan badan usaha tetap yang dikeluarkan oleh kantor pusat atau fotokopi akta pendirian badan usaha.

2.      Fotokopi NPWP yang dimiliki oleh penanggung jawab badan usaha atau salah satu pengurusnya.

3.      Fotokopi surat yang berisikan izin mendirikan usaha atau kegiatan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.

4.      Fotokopi KTP jika yang mendirikan badan usaha adalah WNI.

5.      Paspor, KITAP/KITAS apabila yang mendirikan usaha adalah WNA.

 

Syarat Membuat NPWP untuk Mendirikan Usaha Non Profit

Adapun jika Anda hendak membuat NPWP untuk mendirikan sebuah usaha yang tidak berorientasikan keuntungan seperti organisasi nirlaba berupa lembaga, asosiasi atau institut, maka syarat yang dimiliki adalah :

1.      Fotokopi KTP dari salah satu pengurus

 

2.      Surat yang berisikan keterangan mengenai domisili alamat dari pengurus RT atau RW setempat.

Syarat Membuat NPWP Untuk Badan Usaha Operasi Kerjasama

Jika Anda ingin membuat sebuah badan usaha yang berbentuk kerjasama atau sering disebut dengan Join Operation, maka beberapa syarat yang harus Anda miliki adalah :

1.      Fotokopi yang berisikan tentang perjanjian kerjasama atau bisa juga fotokopi akta pendirian badan usaha dengan sistem operasi kerjasama.

2.      Fotokopi NPWP yang dimiliki oleh setiap anggotanya.

3.      Fotokopi Kartu NPWP salah satu pengurus atau pendiri.

4.      Fotokopi KTP untuk WNI atau fotokopi KITAP/KITAS untuk WNA.

5.      Fotokopi mengengai keterangan izin usaha yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Tidak sulit untuk membuat NPWP selama Anda menyiapkan beberapa syarat membuat NPWP sebagaimana dijelaskan di atas. Jika Anda yang ingin membuat NPWP untuk keperluan bisnis, maka dengan NPWP ini, Anda bisa bebas mengajukan piutang modal ke bank.

Namun sebelum mengajukan piutang ke bank, pastikan bahwa keuangan bisnis Anda sudah rapi dan sistematis, ya! Unduh saja aplikasi “BukuKas” untuk membantu Anda mengelola keuangan dengan sebaik mungkin.

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar