Rabu, 27 Mei 2020

Jatuh Bangun Merintis Bisnis, Pak Sudono Tak Mau Dapat Riba


Jatuh Bangun Merintis Bisnis, Pak Sudono Tak Mau Dapat Riba

Kisah inspiratif bisa datang dari siapa saja, tidak hanya untuk mereka yang telah menjadi pengusaha sukses. Orang yang bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain, sudah bisa disebut sebagai orang yang inspiratif. Sama seperti kisah bapak Sudono, seorang peternak lele yang berhasil merintis usahanya dari nol. Penasaran dengan kisah inspiratifnya? Yuk simak dalam ulasan ini #AwaliDenganKebaikan.

Kisah Inspiratif Bapak Sudono
Pak Sudono bukanlah seseorang yang berasal dari keluarga berada, beliau hanyalah seorang anak desa yang memiliki tekat kuat untuk menjadi orang yang sukses. Sedari kecil hidupnya telah dipenuhi dengan semangat bekerja keras tanpa mengenal lelah. Sudah sedari kecil ia belajar apa yang namanya berbisnis. Mulai dari sekolah dasar pak Sudono memulai bisnis berjualan makanan ringan.

Mengambil jajan ringan harga 500an yang diproduksi oleh tetangganya, Sudono kecil mulai menjajakan jualan pada teman sekolahnya. Terkadang di hari liburnya, ia membantu pak RT untuk menjaga warung. Dimana nantinya ia akan mendapatkan upah yang tidak seberapa. Namun cukup untuk ditabung dan dipakai guna membeli keperluannya sehari hari.

beranjak dewasa, semangat berbisnis pak Sudono bukannya padam namun malah semakin membara. Meskipun hanya lulusan sekolah menengah pertama saja, beliau bertekat ingin memiliki usaha miliknya sendiri. Memulai dari juru panggul di pasar, pak Sudono mulai mengumpulkan pundi pundi uang untuk mewujudkan cita citanya. Dimana beliau bercita cita ingin memiliki usaha peternakan ayam.

Merasa jika modal untuk memulai bisnis ayam sudah terkumpul, pak Sudono mulai menjalankan bisnisnya. Di awal usaha ternak ayam, pak Sudono mengalami masa masa sulit. Banyak rintangan dan tantangan yang harus beliau hadapi. Hingga kemudian usaha ternak ayamnya mulai stabil. Namun sebuah kemalangan menimpa pak Sudono, beliau kena tipu oleh rekannya sendiri.

Hal tersebut membuat pak Sudono kembali terpuruk, bisnis yang dirintisnya selama bertahun tahun harus gagal. Meskipun begitu beliau tidak mau menyerah. Bermodalkan sisa tabungan yang dimilikinya, pak Sudono berencana untuk memulai bisnis ternak lele. Masih dalam lingkup bisnis yang sama, pak Sudono memulai dari awal lagi bisnis peternakan

Berkat ketekunan dan kerja kerasnya selama berbulan bulan, akhirnya bisnis tersebut berbuah hasil. Peternakan lele pak Sudono panen banyak. Semakin kesini peternakan lelenya menjadi besar, sehingga ia perlu merekrut karyawan untuk mengurusi puluhan kolam lele miliknya. Akhirnya setelah jatuh bangun mencoba banyak usaha, bapak Sudono akhirnya memiliki bisnis yang sukses, yakni bisnis lele.

Pentingnya Memiliki Asuransi
Seorang pelanggan pernah bercerita kepada bapak Sudono, betapa pentingnya asuransi demi masa depan yang terjamin. Hingga kemudian bapak Sudono pun memutuskan untuk membeli asuransi. Namun beliau masih belum terlalu paham tentang bagaimana mekanisme asuransi, baik itu asuransi syariah Indonesia maupun konvensional. Sehingga beliau bertanya kepada salah satu kenalannya. Beliau meminta tolong kepada kenalannya tersebut untuk menjelaskan secara rinci tentang asuransi.

Hingga kemudian kenalan tersebut menjelaskan bahwa asuransi memang sangat penting untuk berjaga jaga di masa depan. Kenalan tersebut juga merekomendasikan agar memilih asuransi syariah, pasalnya asuransi jenis tersebut tidak menggunakan akad yang mengandung riba. Masih memang teguh agama yang dimilikinya, bapak Sudono kemudian memutuskan untuk memilih menggunakan produk asuransi berbasis syariah.

Demikianlah kisah inspiratif dari sesosok bapak Sudono, seorang pengusaha peternakan lele yang berhasil membangun usahanya dari nol. Dimana beliau menyadari bahwa memiliki asuransi merupakan hal yang penting untuk kesejahteraan hidupnya dan keluarga di masa depan. Hingga kemudian bapak Sudono memutuskan untuk menggunakan produk asuransi syariah jenis Takaful Dana Investasi.
Allianz Blog Contest

0 komentar:

Posting Komentar