Jumat, 14 Februari 2020

Mari Mengenal Teknik Cetak Print Kain Yang Membuat Hasil Tekstil Maju


Mari Mengenal Teknik Cetak Print Kain Yang Membuat Hasil Tekstil Maju

Keberadaan dari layanan jasa print kain yang kian bertambah dapat memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan tekstil berupa kain dengan motif yang beragam. Seperti keperluan seragam, pakaian dinas, pakaian kerja, atau memesan untuk menjualnya kembali. Desain merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah produk tekstil.

Desainer harus memahami berbagai macam teknik agar motif yang dihasilkan dari desain bisa diaplikasikan dengan tepat dan hasilnya berkualitas. Secara umum ada dua cara untuk mencetak yaitu secara lagsung dan tidak langsung dan menggunakan kertas transfer paper sebagai medianya. Selaain itu kamu juga harus mengetahui teknik printing lainnya yang harus kamu tahu. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Teknik Printing Yang Mmebuat Hasil Printing Kain Lebih Berkualitas

1. Resist Printing
Teknik ini menggunakan pasta resist khusus untuk sebuah kain dalam bentuk pattern. Kemudian dilakukan proses mewarnai menggunakan pasta tersebut hingga pasta dapat menahan proses pencelupan yang digunakan sebagai warna dasar dari sebuah produk. Teknik ini biasanya digunakan untuk batik dan tie dye degan menggunakan paraffin sebagai pasta resistnya.

Ketika warna dan corak yang diingkan sudah diwarnai dengan parafinnya, langkah selanjutnya hanya tinggal mencelupkan dan mengangkat dari media kain. Sehingga menimbulkan motif baru dan hasil print kain yang berkualitas.

2. Screen Printing
Screen printing lebih kita kenal degan istilah sablon dan screen printing merupakan salah satu teknik metode langsung. Screen printing dilakukan dengan cara mentransfer desain pattern ke kain dengan menggunakan mesh atau screen atau film. Ada 2 jenis dari teknik screen printing ini, yaitu flat bed screen dan rotary screen.

Teknik ini memiliki kelebihan yaitu bisa melakukan percetaka pada kin berwarna terang dan berwarna gelap degan intensitas yang sama.Tetapi teknik ini lebih cocok digunakan untuk produksi dalam skala besar. Jika digunakan untuk produksi kecil dan jumlahnya sedikit, akan mengakibatkan biaya produksi menjadi lebih tinggi.

3. Engraved Roller Printing
Teknik printing selanjutnya adalah engraved roller dimana teknik ini menggunakan warna yang diterapkan pada kain melalui media cetak yang sudah diukir pada mesin cetak rol. Hasil produksinya berupa gulungan atau roll kain. Teknik ini dapatmenghasilkan print kain dengan kualitas yang sangat tinggi. Setaip warna memiliki roll yang diletakkan secara terpisah dan setelah kain dicetak, kain akan melalui proses pengeringan, dan proses steam untuk mengatur dan memepertajam warna.

4. Spray Printing
Teknik keempat adalah dengan menggunakan semprotan khusus untuk mentransfer warna.  Semprotan tersebut berupa spray gun atau air brush yang berfungsi untuk menempelkan warna pada kain melalui screen. Teknik ini biasanya digunakan untuk produk yang berukuran kecil seperti sepatu custom, kaos,  dan lain lain.

5. Discharge Printing
Teknik yang terakhir ini merupakan jenis teknik print kain yang berfungsi untuk menghilangkan warna-warna tertentu yang tidak sesuai dengan motif atau desain yang diinginkan. Biasanya teknik ini digunakan setelah teknik resist printing. Seteah dicelup biasanya akan ada warna yang tidak sesuai dan dihilangkan menggunakan bahan kimia khusus untuk printing.

Itu tadi adalah beberapa teknik yang ada dalam dunia printing kain yang harus kamu pahami agar kamu bisa menjadikan produk kamu berkualitas karena menggunakan teknik yang tepat. Teknik yang papling digunakan dalam dunia printing adalah screen dan resist karena prosesnya yang mudah dan simple.

0 komentar:

Posting Komentar