Minggu, 26 Januari 2020

Hindari Risiko Aliran Listrik Pada Konstruksi Baja Ringan


Hindari Risiko Aliran Listrik Pada Konstruksi Baja Ringan

Kayu tak lagi menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan rangka atap rumah, kini mereka lebih memilih menggunakan atap dengan bahan dasar baja ringan. Tidak seperti kayu, bahan dasar atap baja ringan ini terbuat dari logam yang tentu saja memiliki sifat konduktor terhadap aliran listrik, sehingga risiko pengguna atap dengan bahan dasar baja ringan tersengat arus listrik cukup besar.

Namun dengan ada nya risiko ini, janganlah sampai membuat anda enggan menggunakan bahan metal kuat dan ringan ini, karena anda juga bisa mendapat banyak keuntungan ketika atap baja ringan jatuh menjadi pilihan sebagai rangka atap rumah anda.

Keuntungan Baja Ringan Sebagai Rangka Atap
Beberapa dekade lalu, konstruksi baja ringan banyak digunakan pada bangunan berskala besar, seperti pada proyek pembangunan pabrik, hotel, rumah sakit, kantor dan villa. Lain dulu lain sekarang, kini pembangunan rumah kekinian sudah banyak mengadopsi rangka atap baja ringan. Bahkan sudah menjadi standar pada pembangunan perumahan atau kompleks, bahkan pada perumahan bersubsidi sekalipun.

Penggunaan bahan baja anti karat sebagai rangka atap bukanlah tanpa alasan, para pengembang besar menggunakan bahan ini karena sudah memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang mereka dapat, artinya, manfaat konstruksi baja ringan sudah diamini oleh banyak pihak. Berikut kami paparkan keuntungan penggunaan logam anti karat ini.

1.     Ringan
Sesuai nama nya, meski berbahan dasar logam, baja ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan ketimbang kayu, sehingga mengurangi beban tukang.
2.     Harga Lebih Murah
Di awal kemunculannya, mungkin bisa dibilang harga bahan ini terbilang mahal, tapi dimasa sekarang, baja ringan sudah relatif lebih murah dan ramah di kantong, tinggal pintar-pintar anda memilih merek dan kualitas.
3.     Awet
Anti karat, minim perawatan dan tidak mungkin dimakan rayap, itu semua sudah mewakili tingkat keawetan konstruksi baja ringan tidak perlu diragukan lagi.
4.     Pemasangan Yang Mudah
Mudah dipotong, mudah dipasang dan dapat di kombinasikan dengan berbagai bentuk serta berbagai formasi. Keuntungan ini tidak akan anda temukan pada bahan kayu.
5.     Mudah Ditemukan
Produk se bagus apapun jika sulit dicari di pasaran percuma saja, karena rangka atap baja ringan ini sudah umum digunakan, anda tidak perlu khawatir maslah ketersediaan nya.

Meminimalisir Risiko Sengatan Listrik

Utamakan kehati - hatian dan ketelitian adalah kunci utama dalam pemasangan atap berbahan baja ringan, hal tersebut dapat meminimalisir risiko terjadinya sengatan listrik, berikut kami paparkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan konstruksi baja ringan.

1.     Posisi instalasi listrik agar tidak bersentuhan langsung dengan rangka atap baja ringan, lebih baik tempelkan pada dinding. Jika terpaksa, posisikan kabel agar menggantung.
2.     Pilih bahan baja dengan kualitas yang baik, jangan tergoda dengan harga yang terlalu murah, jangan pula membeli baja ringan abal-abal atau bahkan tanpa merek.
3.     Manfaatkan pipa conduit untuk membungkus instalasi listrik, pastikan semua kabel terbungkus dengan baik. Selain melindungi instalasi listrik agar tidak menempel pada logam atap baja ringan, pipa conduit juga akan membuat instalasi listrik menjadi lebih awet.
4.     Pastikan orang yang memasang konstruksi baja ringan, adalah orang yang ahli dan berpengalaman. Ingat risiko yang dihadapi cukup fatal jika terjadi sengatan listrik.
5.     Biasakan mematikan aliran listrik ketika pemasangan berlangsung.
Nah, semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk mencari pengetahuan lebih dalam mengenai konstruksi baja ringan ini, ingat karena keselamatan adalah yang utama.

0 komentar:

Posting Komentar