Minggu, 10 Maret 2019

Tips Membuat Rumah Kita Beraroma Sedap

Tips Membuat Rumah Kita Beraroma Sedap

Setiap rumah biasanya memiliki aroma tersendiri yang bisa tercium ketika kita memasukinya. Aroma itu ada yang berasal dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, hingga dapur.

Namun, tidak selamanya aroma itu terasa menyenangkan. Ada juga yang baunya tidak mengenakkan sehingga membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Bahkan bisa jadi memalukan ketika tamu berkunjung ke rumah.

Untuk itu, Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab Carolyn Forte mempunyai beberapa trik dari sejumlah pakar untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat rumah Anda harum kembali. Berikut ini caranya:

1. Merebus ramuan

Rebuslah air di dalam panci kecil dan tambahkan irisan jeruk dan rempah-rempah, seperti lavender dan mint.

Uap panas yang keluar dari hasil rebusan itu akan menimbulkan aroma wangi dan menembus  ke seluruh bagian rumah.

Cara ini bisa digunakan tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga saat Anda berencana membuat acara keluarga atau pesta kecil di dalam rumah.

2. Membuat stoples beraroma

Cara ini mirip dengan membuat ramuan tadi. Gunakan stoples yang terbuat dari batu dan berukuran besar.

Tuangkan air mendidih ke dalamnya dan masukkan beberapa bahan pilihan, seperti kayu manis dan apel yang sudah mengering.

Aroma yang muncul  dari dalam stoples itu bisa memunculkan bau yang menyenangkan ke seluruh rumah Anda.

3. Bersihkan saluran pembuangan air

Perhatikan bau tidak enak yang sering muncul dari wastafel di kamar mandi atau tempat cucian piring di dapur. Sempatkan waktu untuk memeriksanya lebih mendalam.

Jika sudah tercium sumber baunya, cobalah untuk menyemprotkan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam pembuangan wastafel itu, kemudian keluarkan air dari kerannya.

 Anda juga bisa memasukkan kulit lemon atau jeruk nipis di saluran pembuangan, lalu disiram banyak air. Namun, jangan lupa mengambilnya kembali secara berkala, karena kalau tidak, akan menyumbat aliran air.

Jika bau tidak enak tetap ada, tuangkan setengah cangkir baking soda sambil menuangkan air hangat ke dalamnya.

4. Tempatkan lilin

Menempatkan lilin merupakan salah satu cara jitu untuk membuat rumah Anda berbau wangi, tetapi harus punya strategi yang cerdik agar meningkatkan efisiensinya.

Letakkan beberapa lilin di tempat yang paling tidak Anda sukai, tetapi tidak perlu dinyalakan.

Lilin itu akan menimbulkan aroma yang tahan lama, apalagi jika bentuknya didesain dengan bagus sehingga enak dilihat.

Cobalah juga melapisi lemari dengan kain linen, atau letakkan kain itu di bagian rumah mana saja yang dapat menyerap bau tidak enak.

Anda akan mendapatkan kejutan yang menyenangkan setiap kali Anda membuka pintu lemari itu. Kain linen itu juga akan membawa aroma wangi ke mana pun Anda membawanya.

5. Membawa tumbuhan ke dalam rumah

Beberapa jenis tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan bisa membersihkan udara sambil mempercantik rumah Anda, dan tentunya memberikan wewangian yang menyegarkan.

Tumbuhan yang bisa diletakkan di dalam rumah itu antara lain bunga geranium, melati, ekaliptus, gardenia, anggrek korsase, dan tanaman oregano.

6. Memanggang makanan di oven

Tidak ada yang mengalahkan aroma wangi yang keluar dari makanan yang baru dipanggang di oven, apalagi jika kita akan membuat acara keluarga atau menjamu tamu d irumah.

Memanggang makanan yang sederhana, seperti roti isi kayu manis dan roti pisang, bisa memenuhi ruangan seisi rumah dengan aroma sedap dan tentunya hidangan lezat buat para tamu.

0 komentar:

Posting Komentar