Rabu, 31 Oktober 2018

Efek Negatif Dari Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Efek Negatif Dari Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Kabar buruk bagi mereka yang hobi mendengarkan musik sembari bekerja.

Sebuah riset yang baru-baru ini dilakukan menemukan, mendengarkan musik secara signifikan dapat merusak kreativitas kita.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of Central Lancashire, University of Gävle di Swedia dan Lancaster University.

Dalam penelitian ini, peserta diminta meyelesaikan tugas kreativitas verbal dalam lingkungan yang berbeda.

Peserta dalam riset ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok menyelesaikan tugas di ruang yang sunyi.

Sementara itu, kelompok lain diminta untuk menyelesaikan tugas sembari mendengarkan musik dengan lirik yang tidak mereka kenal, musik instrumental tanpa lirik, dan musik dengan lirik yang akrab di telinga peserta.

Setiap peserta kemudian ditunjukkan tiga kata, seperti bunga, jam dan baju.

Setelah itu, peserta diminta untuk menemukan satu kata terkait (dalam kasus ini yaitu "matahari") yang dapat digabungkan untuk membuat kata atau frasa umum, misalnya bunga matahari, baju matahari dan jam matahari.

"Hasilnya, kami menemukan bukti kuat tentang adanya gangguan kinerja pada mereka yang menyelesaikan tugas sembari mendengarkan musik," ucap Neil McLatchie, salah satu peneliti dari Lancaster University.

Sementara itu, mereka yang mendengarkan musik dengan lirik yang mereka kenal mengalami gangguan kreativitas, terlepas bahwa lagu-lagu itu meningkatkan suasana hati atau tidak.

Selama ini, bekerja dengan mendengarkan musik dipercaya dapat meningkatkan kreativitas. Namun, hasil riset ini membuktikan hal sebaliknya.

"Hasil riset ini memberi bukti berbeda dengan kepercayaan bahwa musik dapat meningkatkan kreativitas," ucap McLatchie.

Menurutnya, musik justru secara konsisten menganggu kinerja kreativitas dalam kemampuan pemecahan masalah, terlepas dari jenis lirik ataupun hanya sekadar instrumen saja.

0 komentar:

Posting Komentar